Tanaman Khas BORNEO untuk Obat MALARIA dan Pengusir NYAMUK



POHON BUAH LANGSAT
 
     Ternyata sejak berabad-abad yang lalu,  Suku Dayak telah memanfaatkan Kulit Pohon Buah Langsat ini sebagai obat deman tanpa tahu bahwa segala jenis demam termasuk demam malaria juga bisa disembuhkan. Mereka memanfaatkan Kulit ini sebagai obat alami dari alam selain memanfaatkan buahnya sebagai makanan yang rasanya enak, manis dan segar.

   Sungguh anugerah besar dari Maha Pencipta kepada Suku ini, darimana, sejak kapan, dan bagaimana Suku Dayak ini bisa tahu fungsi dari Kulit Pohon Langsat sebagai Obat Demam, sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah tentang hal tersebut. Suku Pedalaman borneo ini hanya tahu, bila ada diantara mereka demam, langsung mencari kulit pohon buah langsat  sebagai obatnya, caranya hanya dijerang dengan air, didinginkan lalu diminum kepada penderita, murah, praktis, langsung dari alam, plus tanpa efek samping seperti obat-obatan kimia.
Penelitian terbaru dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Indonesia bahwa Buah Langsat adalah Buah yang dikenal dengan beberapa nama yaitu langsat, duku, kokosan, pisitan, celoring, dll. tersebar tumbuh di Pulau Kalimantan dan Palembang Kandungan gizi dari langsat ini ternyata cukup baik. Komposisi Kandungan gizi Duku/Langsat per 100g yaitu karbohidrat 7,8-14,2 g, Protein 0,4-0,7 g, Kalsium 10-19 mg, Fosfor 20 mg, Besi 1 mg, Tiamin 0,05 mg, Riboflavin 0.02 mg, Niacin 0,5 mg, Vitamin C 4-13,4 mg. Buah langsat
Manfaat Buah Langsat :
·     Mengandung dietary fiber atau serat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. 
· Selain daging buah yang segar menyehatkan, bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam. buah langsat
·    Kulit kayunya juga dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga berbisa dan obat disentri.
·  Bubuk biji digunakan untuk mengurangi demam, dan kulit digunakan untuk mengobati malaria dan sengatan kalajengking. 
-  Kulit buah dikeringkan dan dibakar untuk mengusir Nyamuk.

Salah satu Sumber : http://berkatgtf.blogspot.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tumbuhan Obat Suku Dayak Borneo Kalimantan

Sekilas tentang Seni Beladiri Pencak Silat Dayak Ngaju-Oot Danum di Pulau Borneo-Kalimantan

Dokumentasi Suku Dayak Ngaju dan Ot Danum Abad 18-19 M